-->

Apa itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Bitcoin merupakan mata uang sama seperti Rupiah, Dollar, Euro dan lain-lain. Orang-orang percaya dan berharap membeli Dollar seharga Rp 13 ribuan, karenanya itulah harga Dollar. Sama seperti Bitcoin, orang-orang percaya dan berharap membeli Bitcoin seharga ratusan juta, karenanya itulah harga Bitcoin.

Dikarenakan node - node tak memiliki obligasi untuk menyertakan transaksi - transaksi dalam tiap blok yang mereka hasilkan, pengirim Bitcoin bisa juga secara sukarela membayar tarif transaksi. Dengan menjalankan itu akan mempercepat transaksi hal yang demikian dan menyediakan insentif untuk pengguna - pengguna yang mengerjakan node, khususnya dikala kesusahan dari mewujudkan bitcoin - bitcoin ditingkatkan atau hadiah dari tiap jumlah blok berkurang seiring waktu. Node - node mengumpulkan tarif transaksi yang dihubungkan dengan segala transaksi-transaksi yang dimasukkan dalam blok-kandidat mereka.

Lalu Anda mungkin bertanya, bila tak ada bank atau perusahaan yang mengelola seperti halnya paypal atau egold, lalu data keuangan disimpan di mana? Jawabannya, di komputer Anda sendiri (dalam wallet) dan jaringan peer to peer di segala dunia. Bitcoin tersimpan di komputer Anda di dalam wallet. Apabila komputer rusak sama saja bitcoin Anda sirna, jadi wallet bitcoin mesti di-backup secara terjadwal  ke sebagian device. Dikala menjalankan transaksi, puluhan ribu komputer di dalam jaringan bitcoin akan menverifikasi data yang Anda usulan sehingga tak terjadi kecurangan.

Seiringnya waktu, jumlah sempurna dari bitcoin akan meningkat mengarah ke 21 juta. Sirkulasi uang meningkat sebagai sebuah serial geometris yang berlangsung tiap 4 tahun sekali; diperkirakan pada tahun 2013 separo dari sempurna sirkulasi akan sukses dibuat, dan pada tahun 2017, 3/4 dari itu akan selesai dibuat. Seiring dengan perarahan menuju poin hal yang demikian, bitcoin sepertinya akan mulai mengalami deflasi (pertambahan poin kongkret) poin dikarenakan kekurangan perkenalan baru. Meskipun Bitcoin bisa dibagi dengan delapan angka di belakang koma (memberikan 2.1 x 1015 unit sempurna), menghilangkan ketebatasan praktis bisa menyebabkan penyesuaian poin ke arah linkungan deflasi. Ketimbang mengandalkan dari insentif bitcoin yang baru dijadikan untuk mencatat transaksi - transaksi ke dalam blok - blok, node - node dalam perioda ini diinginkan untuk menggantungkan kecakapannya untuk secara kompetitif mengumpulkan tarif pemerosesan transaksi - transaksi .

Dengan Bitcoin mining, tarif untuk metode global ini dibagi ke ribuan komputer, dan mereka menutup tarif mereka dengan Bitcoin yang baru ditambang. Singkat cerita, ini merupakan demokratisasi infrastruktur finansial.

Tak seperti emas, Bitcoin dapat dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik, kapan saja dan darimanapun yang Anda berharap. Pengiriman dengan Bitcoin dapat terjadi cuma dengan modal sebuah telepon seluler dan koneksi dunia maya.

Sistem kerja Bitcoin menurut software matematika. Dalam Bitcoin diketahui sebutan miner, user, dan calculation software. Seperti halnya penambang emas, penambang Bitcoin yaitu perusahaan atau perorangan yang memiliki calculation software tersendiri yang terhubung dengan metode server Bitcoin. Nantinya software itu akan mengeluarkan algoritma matematika.

Cara bitcoin aman, yang tak aman merupakan pengguna dan money exchanger. Sama seperti kata sandi dunia maya banking, hacker dapat dengan gampang mencuri sejumlah uang dari Anda kalau komputer terjangkit virus.

Seperti dikutip dari website Tempo.co pada 20 Februari 2014, Chief Executive Officer Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan membeberkan pada dasarnya Bitcoin yaitu e-money seperti halnya perfect money dan paypal. Tapi, kata ia, kedua mata uang hal yang demikian beredar dengan server yang memegangnya. Walaupun dalam sirkulasi Bitcoin, segala komputer pengguna yaitu server Bitcoin. \\\"Dalam sirkulasi Bitcoin, tak ada server yang memegang,\\\" tutur Oscar.

Kembali ke Portal Pelajaran Apa itu Bitcoin? Banyak orang merasa Bitcoin sungguh-sungguh membingungkan meski Bitcoin merupakan sesuatu yang hakekatnya sungguh-sungguh simpel dan gampang dimengerti, tak seperti yang Anda bayangkan. Seri pelajaran ini bertujuan untuk menolong segala orang untuk paham dasar-dasar mengenai Bitcoin, dan seiring berjalannya waktu, kami akan menyediakan kesempatan pelajaran untuk mereka yang mau mengenal lebih banyak.

Bitcoin umumnya digambarkan dengan membandingi Bitcoin itu sendiri dengan sesuatu yang sudah kita tahu sebelumnya, tapi hal ini akan membikin Anda kian keder. Bitcoin merupakan teknologi baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya, jadi sistem yang lebih bagus merupakan dengan mengamati Bitcoin sebagai kombinasi bermacam-macam hal berbeda yang kita tahu:

Pertama, sebab Bitcoin mempermudah Anda memindahkan uang, Bitcoin merupakan metode pembayaran, sama seperti sistem transfer bank atau kartu kredit, tapi Bitcoin sedikit lebih bagus.

Kedua, Bitcoin mirip seperti emas - inilah kenapa banyak orang menyebut Bitcoin sebagai ‘emas komputerisasi’ atau ‘Emas 2.0’. Bayangkan Bitcoin sebagai emas yang berfungsi sebagai uang, tapi Bitcoin sungguh-sungguh gampang untuk ditransfer (dipindahtangankan).

Ketiga, Bitcoin mirip seperti dunia maya sebab tak ada satupun orang atau entitas yang mengendalikannya, jadi siapa saja bisa menerapkannya layak kemauan mereka. Ini merupakan karakteristik yang sungguh-sungguh unik.
Tiga karakteristik ini menyokong satu sama lain, dan menyatu sedemikian rupa. Rincian mendalam akan kami jelaskan di komponen berikutnya. Untuk dikala ini, bayangkan apa yang terjadi kalau Anda meletakkan sebuah pot besar dan melemparkan kartu kredit, sepotong emas, dan sedikit ‘dunia maya’ ke dalamnya - menyatukan segala itu - sampai mengeluarkan sesuatu yang baru - Bitcoin!

Walaupun user yaitu para exchanger, seperti Bitcoin Indonesia atau perorangan, yang berinvestasi dengan Bitcoin. Misal, seseorang berinvestasi dengan Bitcoin sebanyak Rp 1 juta. Karenanya program akan otomatis menghitung transaksi yang keluar, merupakan 0,107 BTC. Angka hal yang demikian timbul sebab dikala ini transaksi Bitcoin lebih banyak pada besaran 0,001 dan 1 BTC telah dianggap terlalu besar. Walaupun persyaratan mata uang dapat diterapkan untuk pembelian dengan poin terkecil sekalipun.

Layak penjelasan perihal apa itu Bitcoin dari Jaka sebelum ini, Bitcoin sudah menjadi mata uang komputerisasi pertama di dunia. Sebagai mata uang, Bitcoin tak ada ubahnya dengan Rupiah atau Dollar atau Euro dan lain-lain. Disimpan mempergunakan yang namanya wallet komputerisasi, dapat dibilang mirip seperti dunia maya banking yang telah sungguh-sungguh populer dikala ini.

Pertanyaan ini seperti pertanyaan saham apa yang mesti dibeli satu hari setelah hari ini. Tak ada yang dapat mempertimbangkan. Namun bila aku lihat dari perkembangan media yang meliput menyebabkan antusiasme akan bitcoin di mana-mana akan menjadikan demand yang sungguh-sungguh tinggi. Aku percaya harga akan terus membumbung berkali-kali lipat, aku sendiri mulai menginvestasikan sejumlah uang ke dalam bitcoin. Tapi tentunya aku tak bertanggungjawab kepada seluruh kerugian yang kalau akan dialami pembaca. Skor kapitalisasi dari bitcoin kini merupakan sekitar 1.3 Miliar USD atau sekitar 13 Triliun Rupiah 11 Miliar USD atau 130 Triliun Rupiah (updated 14 Desember 2013), meski ini masih awal banyak orang yang belum mengenal Bitcoin.

Bitcoin baru dibuat dengan pengerjaan yang disebut “mining”. Para miner memakai komputer canggih untuk menguraikan matematika rumit untuk menemukan block baru Bitcoin, sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin. Hadiah per ditemukannya 1 block mulanya ada 50 BTC, kini 25 BTC/block, berikutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahkan peredaran Bitcoin. Cara sudah mempertimbangkan bahwa optimal bitcoin yang beredar di dunia merupakan 21 Juta BTC sehingga tak akan terjadi inflasi.

Bitcoin yang memakai database Blockchain tak dibatasi oleh suatu pihak, namun sungguh-sungguh terbuka untuk lazim sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di Blockchain. Semua transaksi tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Mereka yang mau merubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin, mesti meretas jutaan server hal yang demikian di dikala yang beriringan.

Ekonomi dari Bitcoin masih kecil dibandingi dengan ekonomi - ekonomi yang telah lama didirikan dan perangkat lunak masih dalam tahap perkembangan beta. Tapi barang gunakan dan servis, seperti kendaraan beroda empat bekas dan kontrak pengembangan perangkat lunak pekerja paruh waktu, kini telah bisa diperdagangkan. Bitcoin - bitcoin diterima untuk kedua hal, bagus servis maya ataupun barang kongkret. Electronic Frontier Foundation dan Singularity Institute mendapatkan sumbangan via bitcoin. Para penukar mata uang menukarkan mata uang yang lazim digunakan sehari-hari (termasuk dollar Amerika, rubble Russia, dan yen Jepang) ke bitcoin via laman penukaran bitcoin. Saja bisa mengamati rantai-blok dan memperhatikan transaksi secara real time. Berjenis-jenis ragam fasilitas servis untuk memperhatikan sudah tersedia.

Seluruh transaksi yang pernah dikerjakan sekalian saldo Bitcoin yang dimiliki seseorang dapat kita lihat, tapi kita tak tahu siapa pemilik domisili Bitcoin hal yang demikian sekiranya si pemilik tak memberitahukannya. Tiap pengguna Bitcoin hakekatnya dapat memilih apakah namanya mau ditimbulkan atau tak, tapi walaupun si pengguna mau merahasiakan identitasnya, segala transaksinya konsisten tercatat dan bisa dipantau oleh publik.
Show Comments

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

DUNIA PENDIDKAN