-->

Menyelamatkan Dunia dengan Ilmu Forensik

Ilmu forensik adalah penerapan dalam  studi forensic itu sendiri , Forensic adalah bagian dari  ilmu forensik yang menyiratkan bahwa hal itu sangat berguna dalam beberapa hal  atau lainnya terutama berkaitan  dengan pengadilan dan relevansinya  dengan proses hukum .

Ilmu forensik cepat mengalami kemajuan ke titik dimana fiksi ilmiah hari ini bisa menjadi sains reality/ menjadi kenyataan di kemudian hari . Ilmu forensik telah ada selama berabad-abad . Namun, hampir  baru-baru ini mengalami kemajuan yang begitu pesat dalam penelitian dan studi ilmiah , membuat ini menjadi lebih nyata dan hal itu disebabkan oleh beberapa aspek dari  forensic itu sendiri

Studi terbaru dan penelitian telah membawa bidang ilmu forensik ke level  yang lebih tinggidan itu meningkatkan kredibilitas dan pentingnya forensic sebagai faktor penentu dalam banyak proses hukum , di mana bukti forensik sering melebihi kesaksian bahkan saksi di tempat kejadian . Hampir semua orang telah mendengar bukti DNA atau fluoresens serta banyak perkembangan metode  ilmiah baru lainnya dalam ilmu forensik .dimana  banyak dari kita mendapatkan informasi ilmu forensik dari program televisi seperti CSI, kenyataannya adalah bahwa ilmu forensik dengan cepat bergerak dari  dunia pertelevisian menuju ke dunia yang nyata.

 Bukti DNA sekarang merupakan bagian penting dari proses hukum yang paling melibatkan setiap tubuh manusia. Apakah membahas serat dari rambut, pakaian atau bahkan sesuatu yang begitu biasa seperti debu, ilmu forensik sering dapat menarik kesimpulan dan titik fakta yang tak terbantahkan yang banyak menjebloskan banyak penjahat kedalam penjara , jika tidak dengan ilmu forensik,  maka akan bebas dan melakukan lebih banyak kekejaman.

Serat dapat memiliki jejak yang unik yang hanya dapat dikenali oleh penggunaan ilmu forensik.

serat karpet yang unik dari merek dan produsen. Mesiu mengandung residu mikroskopis yang benar dapat mengidentifikasi jenis bubuk, produsen shell dan informasi lebih. partikel sederhana dari debu, bila dilihat dengan menggunakan ilmu forensik dapat menempatkan item atau individu di tempat-tempat yang pasti menuju  ke kerangka waktu yang tepat. Sesuatu yang mungkin kita lihat hanya serangga dapat memberitahu berapa lama suatu benda telah berada di  lokasi tertentu. Ada banyak faktor yang telah dan dapat dieksplorasi dengan Ilmu Forensik. Kesimpulan ilmiah yang menawarkan bukti yang tak terbantahkan dan dapat menjadi alat yang efektif dalam memerangi kejahatan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan khususnya dengan ilmu forensik tidak hanya baru dan menarik tetapi terus meningkatkan dan sedang disempurnakan. ilmu forensiktidak hanya menjadi alat yang hebat untuk hari ini, tapi menjadi prospek yang sangat cerah untuk masa depan. Minat dalam ilmu pengetahuan forensik bahkan mungkin membantu peneliti hari ini untuk mencari minatnya dalam ilmu pengetahuan dan bidang  studi terkait untuk berbalik dan belajar lebih keras untuk menjadi praktisi berikutnya terutama dalamilmu forensik . ilmu forensik banyak manfaatnya bagi masyarakat secara keseluruhan dalam berbagai bidang.

Show Comments

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

DUNIA PENDIDKAN