-->

Hematologi Hewan

Kita mencintai hewan peliharaan kita. Kita ingin melihat mereka sehat dan bahagia. Tapi hewan peliharaan sama seperti manusia, juga menyerah terhadap kerusakan akibat penyakit. Meskipun sakit itu membuat kita melihat mereka begitu menderita, tapi hal itu tidak dapat membanattu. Hewan peliharaan memiliki masa hidup jauh lebih pendek daripada  kita, tetapi jika kita benar-benar mencintai hewan peliharaan kita sebanyak yang kita katakan dan kita lakukan, kita akan melakukan segalanya secara manusiawi mungkin untuk menyimpan atau setidaknya memperpanjang kehidupan mereka.

Tujuan dari Hematologi hewan adalah untuk memberikan pengobatan penyakit yang menghancurkan kesehatan hewan peliharaan kita dan membantu mereka hidup lebih lengkap.

Hematologi hewan adalah spesialisasi di bidang kedokteran. Ia mengisahkan terutama studi darah dan organ pembentuk darah dan jaringan, seperti sumsum tulang, limpa, timus, limfatik bening, hati dan ginjal. Bagian dari kajian-kajian khusus yang berkaitan tentang spesialis Hematologi Veteriner berfokus pada diagnosis dan pengobatan penyakit yang mempengaruhi darah atau memiliki hubungan submolecular dengan darah.

Darah adalah cairan kehidupan yang bertanggung jawab atas pengiriman oksigen yang memberikan kehidupan berbagai organ tubuh. Tanpa darah, organ-organ akan berhenti bekerja dan hewan peliharaan yang kita cintai akan mati. Bahkan kerusakan atau kelainan dalam darah dapat menyebabkan penurunan kesehatan hewan peliharaan kita. Tujuan dari Hematologi hewan  adalah untuk mengetahui apa sebenarnya masalah untuk memulai pengobatan.

Dalam mendiagnosis penyakit darah hewan, spesialis dalam Hematologi Veteriner menggunakan berbagai tes yang dilakukan di laboratorium. Yang paling umum dari tes ini adalah hitung darah lengkap, atau disebut CBC. Ini jenis tertentu dari pengujian Hematologi hewan  untuk menentukan berapa banyak sel darah dalam kubik milimeter darah. Selain itu, uji CBC juga mengidentifikasi jenis-jenis sel darah – Apakah leukosit meningkat (sel darah putih), sel merah darah, atau trombosit.

Seberapa rendah atau seberapa tinggi setiap sel darah tertentu adalah dalam sampel darah dan akan memberikan petunjuk untuk kondisi binatang dalam menjalani CBC. Spesialis dalam Hematologi hewan , misalnya, akan mengidentifikasi jumlah sel darah putih yang tinggi sebagai tanda infeksi karena peningkatan leukosit tubuh yang merupakan modus utama pertahanan tubuh. Ketika ada infeksi, sistem immunodefense hewan  akan melepaskan sejumlah besar leukosit untuk melawan infeksi.

Kadang-kadang, kelainan dalam sistem immunodefense hewan peliharaan Anda menyebabkan tubuh melepaskan leukosit terlalu banyak, yang terus menyerang semuanya tanpa memperhatikan apakah mereka sel-sel yang "buruk" atau sel-sel yang "baik". Kondisi ini dikenal sebagai leukemia, kanker darah.

Dalam melakukan pengujian Veteriner Hematologi, sampel darah hewan peliharaan Anda sering diambil dan dikirim ke laboratorium untuk analisis. Sampel yang dibuat untuk menjalani beberapa proses, pengujian untuk bahan kimia, racun, virus, darah, dan sejenisnya. Setelah itu, hasil dibawa kembali ke dokter untuk menentukan diagnosis yang tepat.
Show Comments

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

DUNIA PENDIDKAN