-->

Yang perlu Anda ketahui tentang limfoma

Setiap kali Anda sakit, apa hal pertama yang Anda lakukan? Tahu apa yang Anda miliki. Baik demam ringan atau penyakit kronis, hal pertama yang Anda lakukan adalah mengumpulkan informasi untuk mengetahui kondisi Anda saat itu. Hal yang sama dengan limfoma, Apakah Anda melakukan penelitian sendiri atau pergi ke dokter (meskipun ini harus selalu menjadi kasus karena diagnosis diri hanya membawa anda tidak terlalu jauh) untuk meminta saran, target Anda adalah untuk mendapatkan semua yang Anda perlu tahu tentang penyakit.

Limfoma pada dasarnya adalah kanker dari sistem limfatik. Sistem ini terdiri dari berbagai node atau kelenjar yang terletak di tempat yang berbeda dari tubuh kita. Kelenjar ini terhubung dengan vessels  yang membawa cairan getah bening atau sel darah putih yang membantu memerangi penyakit. Karena Anda mungkin ingat di kelas biologi SMA, sel darah putih membantu melawan bakteri dan penyakit yang memasuki badan kita. Dan karena kelenjar ini terhubung satu sama lain, sekali limfoma mengenai kelenjar, ada kesempatan baik bahwa sel-sel kanker menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh getah bening. Anda harus tahu fakta penting ini: ada obat yang belum ditemukan untuk menyembuhkan penyakit. Meskipun demikian, ada teknik baru, obat-obatan dan prosedur medis yang telah membawa perawatan lebih positif untuk orang dengan gejala limfoma.

Ada dua jenis limfoma, yaitu limfoma Hodgkin dan Non Hodgkin limfoma (NHL). Yang pertama, Hodgkin's disease berutang nama pada Thomas Hodgkin (1798-1866). Dia adalah orang pertama yang menerbitkan sebuah makalah tentang penyakit. Jenis limfoma ini mampu menyebarkan diri dari satu kelenjar getah bening ke organ yang lain. Hal ini juga mengindikasikan bahwa orang-orang yang didiagnosis dengan limfoma Hodgkin memiliki kehadiran sel-sel Reed-Sternberg yang hanya dapat dideteksi dengan bantuan mikroskop.

Jenis limfoma lain adalah jenis non-Hodgkin. Hal ini digambarkan dengan memiliki  kelenjar getah bening lebih besar dari normal dan disertai dengan demam dan berat badan. Ada sekitar 16 sub-tipe yang tidak berbeda jauh dengan kondisi yang dijelaskan oleh Hodgkin limfoma. Sub-tipe dikelompokkan menurut agresivitas yang pada dasarnya berarti sel-sel kanker berkembang pesat. Limfoma NHL termasuk limfoma limfositik leukemia kecil limfositik kronis (CLL/SLL), Burkitt limfoma, mantle cell limfoma, folikular limfoma, menyebar besar B-sel limfoma dan immunoblastic besar sel limfoma.

Pengobatan adalah terapi radiasi atau kemoterapi. Usia, jenis kelamin dan tahap perkembangan kanker, memainkan peran dalam menentukan jenis perawatan pasien. Deteksi dini sangat penting. Sebagian besar pasien bertahan pada pengobatan terutama jika mereka telah didiagnosis pada tahap awal limfoma.

Beberapa gejala yang lebih umum dari limfoma termasuk sakit pembengkakan di kelenjar getah bening leher, ketiak, atau groin. Orang dengan limfoma juga mungkin mengalami demam, kelelahan, berat badan, gatal, merah patch pada kulit, mual, muntah, dan kadang-kadang perut sakit.

Orang-orang dengan tingkat rendah limfoma akan menghadapi pertumbuhan yang sangat lambat dari sel-sel kanker dan akan mengalami sedikit gejala. Masalah dengan limfoma kelas rendah adalah bahwa meskipun mereka merespon dengan baik untuk kemoterapi, mereka seringkali kembali dan dianggap tak tersembuhkan tidak seperti limfoma bermutu tinggi. Dengan yang kedua, pengobatan melibatkan kemoterapi, dengan atau tanpa terapi radiasi.

Diakui, informasi di atas adalah tidak semua yang Anda butuhkan untuk mengetahui tentang limfoma. Ada fakta lain yang Anda butuhkan untuk menemukan sendiri terutama jika Anda telah didiagnosis dengan limfoma.

Show Comments

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

DUNIA PENDIDKAN